Melakukan Edukasi SEO Kepada Klien

Sebelum seorang klien menyewa sebuah layanan jasa seo, biasanya telah terjadi tanya jawab yang cukup panjang. Sebuah perusahaan optimasi dimanapun ia berada, pasti akan memberikan penjelasan selengkap dan sebaik mungkin. Ini diperlukan supaya kerja sama di antara kedua belah pihak sama-sama menuntungkan serta meminimalisir kerugian bersama. Namun demikian, klien SEO sangat beragam. Ada yang telah memiliki pengetahuan cukup tentang dunia optimasi ini, namun tidak sedikit pula yang masih awam akan bagaimana SEO bekerja. Untuk jenis klien yang terakhir ini, jelas kita perlu melakukan edukasi SEO lebih mendalam. Sebab, bisa saja pada perjalanan waktu, klien tersebut akan miskomunikasi dengan apa yang kita maksud.

Melakukan Edukasi SEO Kepada Klien. Yang menjadi pertanyaan, apa saja poin utama yang harus diberikan saat melakukan edukasi SEO kepada klien? Berikut menurut pandangan kami sebagai salah satu penyedia jasa seo terbaik di Indonesia.

1. Jelaskan Apa itu SEO

2. Jelaskan metode SEO yang dipakai

3. Jelaskan waktu yang diperlukan untuk optimasi kata kunci yang diinginkan

4. Jelaskan mengapa keyword A membutuhkan biaya sekian, dan mengapa keyword B membutuhkan biaya sekian

5. Jelaskan alasan perusahaan A bisa murah sementara perusahaan B terbilang mahal, dan seterusnya.

5 poin diatas harus dijelaskan secara pelan-pelan dan terperinci. Karena sebagai orang awam, klien sering bingung dengan istilah atau makna dari setiap perkataan yang kita sampaikan. Jangan ragu untuk kembali berdsiskusi dengan klien tersebut untuk menanyakan apakah mereka telah paham betul dengan maksud kita. Jika memang belum paham, jangan malas untuk kembali memberikan edukasi.

Jika kita mau melakukan edukasi SEO kepada klien, bahkan sampai tahap teknis, itu sebenarnya jauh lebih baik. Karena kedekatan kita dengan mereka tidak hanya berdampak pada saat ini saja, namun juga bisa berlanjut sampai jangka waktu yang lebih lama. Keuntungannya, kita bisa meraih promosi offline secara gratis dari mereka. Sebab, dengan layanan yang fantastis, tidak menutup kemungkinan mereka akan mereferensikan layanan kita kepada rekan bisnis atau kenalannya.

Demikian opini singkat kami bagaimana kita berinteraksi dengan baik kepada klien. Semoga ada guna dan manfaat yang bisa dipetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *